Ketua TP PKK Monitor Langsung Pelaksanaan "IVA Test" Di Tiap Puskesmas.

Ketua TP PKK Monitor Langsung Pelaksanaan "IVA Test" Di Tiap Puskesmas.
RANTAU,- Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP bersama Wakil Ketua TP PKK Hj Diah Nila Purnama dan jajaran TP PKK, monitor langsung pelaksanaan "IVA Test" di tiga Puskesmas, rabu (29/3/17) kemaren.
Berhadir dalam monitoring IVA test rabu (29/3/17) kemaren, Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani, Wakil Ketua TP PKK Hj Diah Nila Purnama, Kepala Dinas Kesehatan H Errani Martin SKM, Para Camat, perwakilan Kepala BPJS Barabai Ibu Handayani, Kepala BPJS Rantau Herman Prayudi serta jajaran TP PKK Kab Tapin yang turut mendampingi.
Kepala Dinas Kesehatan Tapin H Errani Martin mengatakan
pelaksanaan pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA)
adalah rangka meningkatkan kesehatan kepada kaum perempuan khususnya ibu- ibu dalam upaya medeteksi dan mencegah secara dini kanker serviks atau kanker leher rahim bagi kaum perempuan di Kab Tapin.
"Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal (29-30) Maret dengan tujuan mendeksi secara dini kanker rahim, sebelum terjadi
penyakit yang lebih parah lagi". Ucap Errani.
"Dalam pemeriksaan IVA Test selama dua hari yang dilaksanakan mentargetkan 1.400 peserta, untuk itu baiknya kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, karena pelayanan diberikan secara gratis", kata Errani dalam kesempatan itu.
Sementara itu, Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani mengatakan, sangat bangga dan salut kepada masyarakat khususnya kaum perempuan dan ibu-ibu yang dapat menyempatkan waktu melakukan pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA) yang dilaksanakan serentak oleh Dinas Kesehatan di seluruh Puskesmas di Kab. Tapin.
Dikatakan Hj Ratna Ellyani, "Pemeriksaan dalam upaya pencegahan secara dini kemungkinan timbul
penyakit kanker serviks (leher rahim) khususnya pada kaum perempuan adalah kegiatan yang sangat penting, karena dewasa ini pencegahan penyakit ini sudah menjadi agenda nasional dalam menyelamatkan kaum perempuan dari bahaya penyakit ini".
"Diharapkan dengan pemeriksaan gratis ini khusunya kaum ibu-ibu dan perempuan dapat lebih terjaga kesehatannya kedepan". Tutur Hj Ratna Ellyani
Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 29-30 Maret oleh Dinas Kesehatan, diharapkan seluruh masyarakat dapat mengiformasikan kembali kepada tetangga dan lingkungan sekitar agar seluruh masyarakat dapat mengetahui informasi terkait kanker serviks dan segera memeriksakan kesehatannya.
Dalam pemeriksaan IVA Test di tahun 2017 ini, harapkan target pemeriksaan dengan 1400 peserta dapat tercapai untuk iti sekali lagi kita mengajak warga masyarakat khususnya kaum ibu-ibu untuk datang ke tempat pelayanan kesehatan melakukan pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) untuk mencegah kanker serviks (leher rahim)", tandasnya
Dikatakan Hj Ratna, "Kalau rutin memeriksakan kesehatan harapan hidup bisa lebih baik dan panjang, sebaliknya kita akan rugi kala tidak
memeriksakan kesehatan ke tempat pelayanan kesehatan yang telah disediakan"
"Jangan sungkan untuk datang Kepuskesmas untuk memeriksakan kesehatannya, jika positif mengidap penyakit ini, maka jangan pernah berhenti untuk berobat", Pinta Hj Ratna Ellyani.
Kepala Puskesmas Margasari Hernadi Skeb MM menambahkan, target pemeriksaan sebanyak 209 peserta akan tercapai dalam dua hari", ujarnya
Setelah mengunjungi dan monitoring Puskesmas Margasari di Kecamatan Candi Laras Utara, Puskesmas Baringin A di Kec. Candi Laras Selatan dan dan Puskesmas Pandahan di Kecamatan Tapin Tengah. Selanjutnya pada hari kedua besok Ketua TP PKK Beserta Rombongan akan akan meninjau langsung Puskesmas Lokpaikat dan Puskesmas Binuang dalam memonitor pelaksanaan IVA Test.

Previous
Next Post »

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN TAPIN YANG KE 52

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN TAPIN YANG KE 52