Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan TP PKK Tapin melaksanakan program pelayanan kesehatan di daerah terpencil, pedalaman, dan kepulauan (DTPK).
Dalam Program DTPK yang diberi nama Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Daerah Terpencil dan Pedalaman (Hati Acil Dandaman) di Kabupaten kali ini laksanakan di empat desa di tiga kecamatan yakni Kec Piani, Kec. CLS dan Kec CLU.
Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan H Errani Martin bahwa desa Hangui Kecamatan Bungur menjadi tempat louncing di mulainya program DTPK Hati Acil Dandaman 2017, Selasa (11/4). "Selain desa Hangui, kegiatan ini juga akan dilaksanakan di desa Pipitak Jaya dan Harakit kecamatan Piani, selain itu di Kecamatan Candi Laras Utara yakni di desa Teluk Haur dan Buas-Buas," ujar Kadis.
Program yang sudah dilaksanakan sejak 2014 tersebut dalam rangka pemerataan jangkauan dan kualitas kesehatan bagi masyarakat di Desa terpencil agar adanya akselarasi pembangunan kesehatan di daerah pedalaman.
Pada kegiatan Hati Acil Dandaman ini Dinkes menggelar pengobatan gratis, pemeriksaan ibu hamil dan anak, penyuluhan kesehatan, pembagian bahan kontak penyuluhan berupa sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi, susu bayi, dan lainnya.
"Disetiap kegiatan kita membawa langsung dokter spesialis kandungan dan spesialis anak untuk melakukan pemeriksaan ibu hamil dan anak," ujar Kadis lagi.
Dalam kunjungan kemaren Ketua TP PKK Hj Rayna Ellyani SIP mengungkapkan rasa senang dan bahagia saat dapat bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat disana, melalui kegiatan itu Hj Ratna berharap mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan memberikan manfaat kepada masyararat guna meningkatkan mutu dan drajat kesehatan masyarakat agar semakin meningkat".
Dikatakan Hj Ratna Ellyani bahwa pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan dan periksaan kesehatan ibu dan bayi dilaksanakan dengan menghadirkan dokter spesialis dan tenaga kesehatan, sehingga mari kesempatan ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, untuk berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan anggota keluarga", ujar Hj Ratna.
Dalam kesempatan itu Hj Ratna Ellyani juga menyerahkan bantuan bahan kontak untuk melaksanakan hidup ber PHBS yakni sabun mandi, sabun cuci dan pasta gigi, serta diserahkan pula perlengkapan untuk ibu-ibu paska melahirkan untuk ibu-ibu Nifas.
Dalam kegiatan Hati Acil Damdaman kemaren, Ketua TP PKK juga menghimbau agar para ibu hamil dapat secara rutin memeriksakan kesehatan kandungannya ke Puskesmas dengan didampingi dokter dan Bidan desa", ucapnya
Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, bayi dan balita, ketua TP PKK juga meminta agar anggota keluarga yang merokok untuk menghentikan kebiasaan merokok saat berada dirumah, agar tidak mengganggu kesehatan keluarga terutama ibu hamil dan kesehatan anak-anak dirumah", Himbau Hj Ratna.

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: Launching Program DTPK Hati Acil Dandaman 2017
Ditulis Oleh Diskominfo
Semoga informasi mengenai Launching Program DTPK Hati Acil Dandaman 2017 bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Klik Like Untuk Share Berita Ini Klik Icon di bawah ini.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.