Tapin Kembangkan Sentra Ikan Haruan


RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM didampingi Kadis Perikanan Ir H Bastian MAP dan jajaran beserta unsur Muspika Kecamatan Candi Laras Selatan, melaksanakan penebaran bantuan bibit ikan lokal, didesa Pabaungan Pantai (Kampung Tunjau Langit), (15/11/2017) kemaren.
Penebaran bibit ikan dalam rangka peningkatan produksi serta melestatikan ikan lokal (Haruan/Gabus) di Kabupaten Tapin.
Diungkapkan Kadis Perikanan Ir H Bastian, pelepasan bibit ikan sebanyak 100 Kg dalam rangka mendukung pencanangan pembudidayaan ikan gabus di Desa Pabaungan Pantai untuk menjadi sentra penghasil ikan gabus di Kab.Tapin.
"Pelepasan ikan pada embung-embung dan sumur-sumur warga dipilih ikan yang sudah berumur tiga bulan dengan berat sekitar 1 Ons, sehingga dalam pelepasan ikan akan cepat besar, dalam waktu tidak begitu lama hasil sudah dapat dipanen." Kata Bastian.
Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM mengucapkan terima kasih atas perhatian seluruh masyarakat Desa Pabaungan Pantai yang sudah sangat peduli akan kelestarian ikan Gabus (Haruan).
Sebagaimana ikata tau Kampung Desa Tunjau Langit (Desa Pabaungan Pantai) adalah penghasil ikan Gabus terbesar untuk Kab.Tapin, hampir semua ikan-ikan gabus yang datang di pasar-pasar di Tapin merupakan hasil produksi dan tangkapan ikan dari Desa Pabaungan Pantai.
Maka dari itu dalam melestarikan ikan lokal yang ada di Kab.Tapin, mari kita bersama-sama untuk menjaga keberlangsungan dan keberadaan ikan lokal dengan memanfaatkan ikan lokal yang berada dialam dengan cara-cara yang arif dan bijaksana.
"Mari kita hentikan eksploitasi ikan dengan cara-cara yang tidak wajar dan membahayakan alam dan keberlangsungan habitat ikan lokal, tutut Bupati.
Seperti penyetruman ikan ataupun menangkap ikan dengan cara putas atau meracun ikan harus kita hindari, jika habitat ikan punah karena cara yang salah, tentunya malah akan menutup pencaharian masyarakat itu sendiri," ungkap Bupati.
"Jika ikan melimpah dan kita jaga habitatnya tentu masyarakat akan lebih sejahtera," tandas Bupati.
Previous
Next Post »

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN TAPIN YANG KE 52

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN TAPIN YANG KE 52