Bupati Tapin Hadiri Haul Datu Qobul Bersama Ribuan Warga.

Foto Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Tapin.
Bupati Tapin Hadiri Haul Datu Qobul Bersama Ribuan Warga.
RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM bersama ribuan warga hadiri peringatan haul KH Muhammad Mahmud Al-Qobul (Datu Qobul) Desa Baulin Kecamatan Candi Selatan. Minggu (24/12/2017) kemaren pagi.
Walau ditengah genangan air peringatan haul Datu Qobul, nampak ribuan masyarakat berbondong-bondong untuk berhadir, walau menggunakan perahu dan kelotok ditengan terik panas ribuan masyarakat khikmat menyelesaikan acara haulan yang turut dihadiri KH Jarkasi dari Martapura sebagai penceramah.
Bersama ribuan warga haulan pula nampak berhadir Kapolres Tapin AKBP AKBP Bagus Suseno SH SIK, Hadi Supriyanto Kabag Ops Polres Tapin, Kasat Shabara Polres Tapin H Opa Wibawa, bersama Kapolsek CLS, CLU dan Danramil CLS dan CLU beserta jajaran yang turut mengamankan pelaksanaan haulan.
Berjarak sekitar 10 Km atau menempuh jalan air sekitar setengah jam menggunakan kelotok, terlihat ratusan ribuan peziarah memenuhi setiap sudut sungai di sekitar makan Datu Qobul baik yang datang dari Banua Anam sampai dari luar pulau Kalimantan.
H Arfuani Ketua MUI Candi Laras Selatan Ketua Panitia pelaksana salam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan KH Guru Zarkasi yang datang bersama rombongan Bupati Tapin. Kepada para para ulama dan seluruh masyarakat yang berkenan hadir untuk memenuhi undangan dalam rangka peringatan haulan KH Muhammad Mahmud Al-Qobul.
"Kepada Pemerintah Kabupaten Tapin, perusahaan, serta masyarakat yang turut berpartisifasi baik materi maupun tenaga, sehingga acara pada hari ini dapat terlaksana dengan baik, kita ucapkam terima kasih," kata Arpuani menyampaikan laporannya.
Bupati Tapin HM Arifin Arpan pada kesempatan itu mengucapkan syukur alhamdulillah atas terlaksananya Haulan ke 7 KH Muhammad Mahmud Al-Qobul atau yang sering kita sebut Datu Qobul.
Dalam peringatan ini tentunya kita dapat berkumpul bersama dan saling bersilaturahmi sehingga menjadi kebanggaan bagi kita semua dapat berkumpul bersama para ulama yang berhadir". Kata Bupati dalam sambutannya.
Dalam rangka meningkatkan keagamaan kita selaku pemerintah daerah sangat mendukung segala kegiatan keagamaan, dengan silaturahmi ini mari bersama-sama kita ciptakan masyarakat yang religius dan mudahan kegiatan kita pada semua yang berhadir mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT".
"Mudah-mudahan kegiatan haulan ini dapat terus terlaksana, kita bina dan kita tingkatkan dalam rangka kita membina keagamaan bagi anak-anak kita dan masyarakat kita dimasa yang akan datang agar menjadi orang-orang yang sholeh," kata Bupati dalam sambutannya.
Terkait permintaan masyarakat untuk perbaikan sarana dan prasaran makam, Bupati berjanji akan berupaya mencarikan dana untuk perbaikan sarana dan prasarana makan Datu Qobul hal ini untuk memberikan kenyamanan peziarah," ucap Bupati.
Sementara itu KH Guru Zarkasi dalam Tausiahnya saat peringatan HAUL ke-7 Datu Qobul meminta kepada seluruh masyarakat agar selalu menanamkan sifat takwa dan kecintaan kepada Allah SWT, terutama menanamkan rasa cinta dengan mentaati segala apa yang telah diperintahkan oleh Allah dan Rasul serta terus menanamkan kecintaan kepada Ulama".
Aulia Allah yang bernama H Muhammad Mahmud Al-Qobul merupakan ulama penjaga tempat di Desa Baulin, selain juga ada KH M Ilyas bin Muhammad Hasan merupakan penjaga ditempat di Desa Sungai Rutas Kecamatan Candi Laras Selatan yang juga setiap tahun kita hauli.
"Inilah dua benteng yang menjaga kampung kita yaitu Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara khususnya Kabupaten Tapin dan sekitarnya".
"Oleh karena itu dengan dilaksanakannya kegiatan haulan pada hari ini ialah untuk mendoakan ahli kubur agar mendapat rahmat dan ampunan dari Allah swt. Karena beliau telah menjaga Kabupaten Tapin baik semasa hidupnya maupun setelah meninggal agar selalu terhindar dari musibah".
Kepada para generasi muda KH Zarkasi meminta agar senantiasa menjauhi minum-minuman keras serta menjauhi obat-obatan terlarang, terutama tidak lagi mengkonsumsi Pil Zenit," Ujar KH Zarkasi dalam tausiahnya.
Previous
Next Post »

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin