Bupati Tapin Panen Bawang Merah Kualitas Eksport

Foto Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Tapin.
Bupati Tapin Panen Bawang Merah Kualitas Eksport
RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM didampingi jajaran Dinas Pertanian dan BBPP Binuang lakukan panen perdana bawang merah di lokasi BBPP Kecamatan Binuang, kamis (25/01/2018) kemaren pagi.
Penen dilansanakan didua tempat yang di Kecamatan Hatungun seluas 150 Ha dan du Kecamatan Binuang
seluas 45 Ha, dari varietas bima brebes dan varietas baju ijo berhasil dipanen dengan hasil panen mencapai 12 ton/Ha.
Dikatakan Bupati Tapin, untuk panen bawang merah total Tapin dapat memproduksi 14.000 ton bawang merah dan sudah dapat mencukupi untuk kebutuhan Tapin sendiri, kebutuhan bawang merah untuk Kalsel serta dapat menyediakan stok bawang merah untuk kebutuhan ekspor.
"Untuk hasil panen akan dipergunakan untuk kebutuhan bibit agar kita tidak lagi membeli bibit dari luar," kata Bupatin
Untuk itu atas keberhasilan Tapin dalam pengembangan bawnag merah, petani Tapin harus ikut serta mengembangkan pertanian bawang merah dalam meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Bupati
Dalam kesempatan itu Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian, BBPP atas kebersamaan dalam pengembangan bawang merah di Kabupaten Tapin," lanjutnya.
"Satu pohon bawang merah hasil penen mencapai satu Ons dengan warna yang lebih merah dan lebih besar, hal ini menjadi kebanggaan kita karena bawang merah tapin sudah diakui secara nasional.," kata Bupati.
Sebagai sentran pertanian bawang merah organik di Kalimantan Selatan, keberhasilan pertanian bawang merah ditapin kini sudah tidak diragukan lagi, tidak hanya dapat dikembangkan di daerah dataran rendah para petani di dataran tinggipun sukses menanam bawang merah.
Seperti yang diungkapkan oleh salah satu petani di Kecamatan Binuang H Juanda mengatakan panen perdana bawang merah miliknya berhasil dengan cukup baik untuk datatang tinggi, seluas 3 Ha miliknya yang telah panen merupakan kebanggaan bagi petani tapin.
"Atas keberhasilan itu pada bulan April akan kembali tanam bawang merah seluas 10 Ha," tambah H Juanda.
"Bersama Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM didampingi Plt Kadis Pertanian Wagimin, dan H Masyraniansyah dan H Juanda, bersama BBPP Binuang dan para petani melaksanakan penen perdana bawang merah,"
"Alhamdulilah dengan keberhasilan panen bawang varietas Bima Brebes varietas batu ijo di Kecamatan Binuang diharapkan dapat menjadi mativasi bagi petani lainnya untuk mengembangkan pertanian bawang merah," kata Bupati.
"Berharap dengan pengembangan bawang merah yang semakin besar Tapin kembali dapat menyediakan bawang merah kualitas eksport untuk pasar luar negeri," tambah Bupati.
Previous
Next Post »