Wabup Tapin Serahkan Tropy Juara Buah Durian Terlezat.


Wabup Tapin Serahkan Tropy Juara Buah Durian Terlezat.
RANTAU,- Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor MP menyerahkan secara resmi tropy juara terbaik 1 (satu) lomba buah durian terbaik se Kalsel yang diterima Kadis Pertanian Kab.Tapin Wagimin SP MAP pada apel disiplin ASN, senin (12/02/2018) bertempat di halaman kantor Bupati Tapin
Sebelumnya pada kontes buah durian terbaik se Kalsel dimenangkan oleh durian Gentong dari Kabupaten Tapin, hal itu diumumkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor pada kontes pameran durian yang di gelar Pemerintah Provinsi Kalsel. Senin (5/2) bertempat Pendopo Paman Birin Desa Kiram Kab. Banjar belum lama tadi.
Buah durian dengan nama "Gentong" merupakan buah durian milik petani Sumarsono Warga Desa Suatu Baru Kecamatan Salam Babaris yang berhasil mengalahkan 98 buah durian kontestan dari 12 Kabupaten Kota Se Kalimantan Selatan.
Dalam lomba durian sedikitnya mengirimkan tiga jenis buah durian yang kita ikut sertakan kontes durian di Prov Kalsel yaitu masing-masing "Si Monti" milik petani Suyanto warga Desa Hatungun, kedua Durian "Gentong" punya petani Sumarsuno warga Desa Suatu Baru dan Durian Nonong milik warga Desa Suatu Baru Kec Salam Babaris.
Dengan di tetapkan durian gentong Tapin sebagai juara kontes durian dalam sambutan apel pagi Wakil Bupati Tapin berharap agar lomba kontes buah durian dapat dilestarikan dan dapat dikembangkan kedepannya.
Kedepan kita harapkan durian Gentong akan kita daftarkan ke Kementrian Pertanian Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian sebagai ikon tapin. Durian gentong ini akan kita budidayakan lebih banyak lagi, sebagai ikon buah-buahan Kabupaten Tapin.
Keunggulan buah durian gentong ini memiliki daging buah tebal dengan biji kecil, rasanya tidak terlalu manis dan pahit kemudian aruma buahnya tidak terlalu semerbak dan tidak kalahnya tekstur buahnya sangat baik tidak lembek dan keras sehingga memiliki keunggulan cukup baik dengan buah durian lainnya.
"Dengan pembudidayaan durian gentong nantinya, kita harapkan durian gentong dapat kita promosikan sebagai ikon buah khas Kabupaten Tapin.
"Untuk itu tugas berat kita dalam mengembangkan durian gentong agar menjadi ikon wisata Tapin kedepan, sehingga saat orang berkunjung di Kabupaten Tapin orajg dapat menikmati durian gentong yang khad dari Tapin." Tutup Wabup.
Dalam apel pagi juga diserahkan bantuan perahu bebek dari pengusaha Tapin H Syafrudin kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Tapin untuk mendukung wisata air di RTH Rantau baru serta penyerahan secara simbolis bagi atlit, pelatih dan Pengkab Cabor peraih medali pada Porprov X Kalsel 2017.
Previous
Next Post »

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin