Memperingati Hari Sampah DLH Tapin Gelar Lomba Bank Sampan Antar Sekolah

Memperingati Hari Sampah DLH Tapin Gelar Lomba Bank Sampan Antar Sekolah.
RANTAU,- Sebanyan 16 sekolah dari tingkat SLTP/MTS dan SLTA/MA sederajat ikuti lomba "Bank Sampah" yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin dalam rangka memperingati hari sampah nasional.
Penilaian yang dilaksanakan dari tanggal (5-7/04/2018) dihari pertama, tim penilai melaksanakan penilaian dengan mengunjungi Bank Sampah di MAN 1 Tapin, MTSN 5 Tapin, MAN 2 Binuang, SMAN 1 Binuang, SMKN 1 Binuang, SMPN 1 Binuang, MTSN 1 Tapin dan MTSN 2 Tapin.
Lanjut dihari kedua tanggal (06/04/2018) tim penilai mengunjungi bank sampah di SMPN 1 Rantau, SMAN 1 Rantau, SMKN 1 Rantau, SMPN 2 Rantau dan MIN 1 Tapin dan hari terakhir melalukan penilaian di MIN 2 Tapin, SMPN 1 Bakarangan dan MIN 3 Tapin.
Dalam kunjungannya di SMPN 1 Binuang (05/04/2018) kemaren, kedatangan tim penilai DLH Tapin disambut langsung oleh Kepala sekolah Hj Satriya Afrida Mpd dengan mengunjungi bank sampah LANGIS milik SMPN 1 Binuang.
Adi dari Kasubdit Sampah DLH Tapin selaku Ketua Tim penilai dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya keberadaan bank sampah dalam pengelolaan sampah disekolah dengan baik.
Keberadaan bank sampah yang jelas kata Adi jelas dapat mengurangi volume sampah dan dapat dikelola dengan baik. Selain itu juga untuk menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah
"Karena sampai bernilai ekonomis, seperti sampah rumput yang banyak terdapat disekolah, sampah tersebut dapat dijadikan kompos organik yang kompos guano yang dapat digunakan dan dapat dijual," terang Adi menjelaskan.
Sementara itu Hj Satriya Afrida Mpd merasa bangga karena bank sampah lingai milik SMPN 1 Binuang menjadi penilaian tim penilai lomba bank sampah tingkat Kabupaten Tapin.
Selama ini kegiatan bank sampah lingis juga telah melakukan pemilahan sampah disekolah dari sampah basah, sampah kering, sampah plastik dan kertas sudah disediakan bak sampah sendiri-sendiri, sehingga warga sekolah sudah memahami fungsi masing-masing bak sampah yang disediakan," kata Satriya lagi.
"Dengan lomba ini juara ataupun tidak, melalui kegiatan bank sampah ini tentunya kita sudah mengajarkan cara hidup bersih dan sehat kepada para siswa," Tandas Satriya.
Previous
Next Post »

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin