Petani Tapin Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Air

Petani Tapin Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Air.
RANTAU,- Balai Wilayah Sungai Kalimantan II melaksanakan sosialisasi percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) dengan mengundang seluruh pengurus P3A Perkumpulan Petani Pemakai Air se Kabupaten Tapin belum lama tadi.
Hamidan SP Satker Tim Pelaksana Balai (TPB) dari Balai Walayah Sungai Kalimantan II saat diwawancara awak media mengungkapkan kegiatan P3-TGAI merupakan program padat karya dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk membimbing masyarakat petani dalam pemanfaatan air di lapangan.
Dijelaskan Hamidan sebelumnya juga telah dilaksanakan sosialisasi serupa tingkat Kecamatan dengan mengundang para kepala desa dan sekarang sasaran sosialisasi lebih kepada penerimanya langsung yaitu petani pemakai air.
"Nantinya petani akan dibantu fisik dilapangan pada kegiatan swakelola yang dikerjakan oleh P3A dimana kegiatan kita lebih kearah pembentukan irigasi pedesaan," tandas Hamidan.
Ditambahkan Hamidan, pengawasan pekerjaan swakelola P3-TGAI sendiri dilakukan oleh P3A untuk mengawasi pekerjaan baik dari persiapan sampai akhir pekerjaan swakelola yang akan diawasi.
Baik pengawasan administrasi, dakumentasi dan pelaporan akan tercatat, termasuk pengawasan teknis hasil pelaksanaan pekerjaan baik pengawasan bahan pengadaan, pemakaian dan sisa bahan sampai pengawasan penggunaan peralatan akan diawasi dalam kegiatan swakelola.
"Tugas Pokok dari kelembagaan P3A nantinya selain mengelola air jaringan irigasi secara tepat yang sesuai dengan kebutuhan tanam, juga melaksanakan pemeliharaan jaringan tersier irigasi."
P3A nantinya pula yang bertugas membimbing dan mengawasi para anggotanya agar memenuhi semua peraturan dalam pemakaian air dalam peraturan yang telah disepakati dalam rapat anggota P3A.
Previous
Next Post »

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin