SMPN 1 Binuang Gelar Khatam Qur'an Massal

Foto Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Tapin.
RANTAU,- Ratusan siswa-siswi sekolah menengah pertama se Kabupaten Tapin ikuti proses khataman alquran massal. Kamis (29/3) kemarin bertempat SMPN 1 Binuang.
Khataman alquran massal mengangkat Tema "Membangun literasi, memupuk kecintaan generasi qurani.
Kepala SMPN 1 Binuang Satria mengatakan, kegiatan ini rangkaian tahun ke 2 khatamul quran tingkat sekolah menengah pertama dan Ini juga merupakan gerakan jumat taqwa yang dimotori guru pendidikan agama Islam.
"Kegiatan membaca alquran di sekolah peningkatan pendidikan karakter dan keperibadian beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dimulai tingkat dasar sampi tingkat menengah, " katanya.
Khatamul quran ini dikuti sebanyak 278 siswa-siswi dari 9 sekolah menengah pertama di Kabupaten Tapin diantaranya 145 SMPN 1 Binuang dari kelas sembilan.
Untuk membangun literasi nurani bagi siswa siswi SMPN untuk memupuk kecintaan generasi qurani yang terus menerus dibaca dan dipahami sebagai pedoman hidup.
Kepala Dinas Pendidikan Kab Tapin H Juwaini mengatakan, sangat bangga kepada SMPN 1 Binuang yang menggelar khataman alquran tingkat sekolah pertama se Tapin.
"Membangun generasi qurani sangat luar biasa tujuannya memupuk kecintaan generasi qur'ani, " katanya.
Alquran sudah jelas menjadi penunjuk bagi orang yang bertaqwa. Berharap nanti ada muatan lokal khusus mata pelajaran alquran semua sekolah menengah pertama untuk melaksanakan membaca dan memahami alquran
Kalau bisa tidak hanya setahun sekali digelar khataman alquran tetapi terus menerus membaca dan mengamalkan alquran baik di sekolah dan dirumah.
Bupati Tapin H Gusti Syahyar di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir HM Yunus mengatakan, menyambut baik diadakannya khataman alquran sebab melalui kegiatan ini semua dapat melaksanakan sunah nabi khususnya dalam upaya agar anak-anak kita bisa membaca alquran semua ini tentunya menunjukkam tinginya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat di kab Tapin terhadap pentingnya pendidikan agama dikalangan anak-anak.
"khataman alquran yang dilaksanakan pada hari ini menunjukkan tingginya kesadaran dan tanggung jawab kita terhadap pentingnya pendidikan agama islam, karena pendidikan al quran mempunyai nilai yang paling mendasar bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang, " ucapnya dalam sambutan Pj Bupati Tapin.
Menurutnya generasi muda saat ini harus terus diinggatkan mengenai bagaimana menjadikan kandungan alquran sebagai peganga dan jiwa serta spirit dalam menjalankan kehidupan sehingga terhindar dari berbagai kerusakam moral.
Sejalan dengan itu sejak dini kita harus menyiapkan dan memberikan dasar-dasar keagamaan yang kokoh dan kuat kepada anak anak kita sehingga pada saatnya nanti anak anak kita dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kemajuan tanpa harus berpaling dari ajaran alquran.
Dengan kahtaman alquram ini dapat mengambil hikmah terdalam dan juga khataman ini tidak hanya sekedar bacaan tetapi lebih dari itu alquran harus pula dapat dihayati dan diamalkan dalam setiap kehidupan manusia sehingga kita dapat menyadari arti pentingnya alquran.
Turut hadir Staf Ahli Bupati Tapin Alfian
Asisiten Pemerintahan dan Kesra Ir HM Yunus MM, Kepala Dinas Pendidikan Tapin H Juwaini, Unsur Muspika Kec Binuang serta dewan guru SMP se Kab Tapin
Previous
Next Post »

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin

Selamat dan Sukses Atas Dilantiknya Penjabat Bupati Tapin